Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Naskah yang diajukan tidak pernah dipublikasikan pada jurnal manapun atau sedang diajukan dan dalam proses review di jurnal lain.
  • Naskah yang diajukan adalah merupakan hasil kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilaksanakan oleh individu maupun kelompok dibawah lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat  atau pusat penelitian dan pengabdian masyarakat atau institusi resmi lainnya.
  • Naskah bebas dari unsur plagiasi
  • Naskah yang diajukan harus ditulis dengan sistematika yang telah ditetapkan
  • Komunikasi penulis selama proses penerbitan mulai submit, review, dan publish dilakukan secara daring (online)

Author Guidelines

Jurnal Ilmiah ABDIMAS KAUNIAH adalah merupakan karya tulis ilmiah pengabdian pada masyarakat yang diterbitkan oleh Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Muslim Indonesia. 

  1. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia dengan ketentuan ukuran kertas A4, margin atas 3,5 cm bawah 3,0 cm, kiri 3,5 cm kanan 3,0 cm, jenis font Arial 11 dengan ukuran yang berbeda setiap bagian, spasi 1,5 (Lihat Template).
  2. Sistematika penulisan naskah pengabdian pada masyarakat adalah sebagai berikut :
    1. Judul Pengabdian
    2. Nama Penulis
    3. Asal Instansi Penulis
    4. Nama dan alamat email korespondensi
    5. Abstract (Bahasa Inggris)
    6. Abstrak (Bahasa Indonesia)
    7. Pendahuluan
    8. Metode Pelaksanaan
    9. Hasil dan Pembahasan
    10. Kesimpulan
    11. Ucapan Terima Kasih
    12. Referensi
  3. Judul pengabdian ditulis dengan huruf besar di setiap awal kata (Capitalize Each Word), tebal (Bold) ukuran font 12 karakter, format rata tengah (Center). Judul singkat dan jelas. Judul menggambarkan hasil pengabdian bukan hasil penelitian. 
  4. Nama penulis ditulis tanpa gelar, huruf besar di setiap awal kata (Capitalize Each Word), ukuran font 12 karakter, format rata tengah (Center). Jika penulis lebih dari satu orang, maka antara penulis satu dengan penulis selanjutnya diberi tanda koma (,). Penulis pertama diberi nomor 1 (superscript) diawal nama, penulis kedua diberi nomor 2 (superscript), dan seterusnya.
  5. Nama instansi diketik dibawah nama penulis dengan format rata tengah (Center), ukuran font 10 karakter. Instansi pertama diberi nomor 1 (superscript) diawal kalimat, instansi kedua diberi nomor 2 (superscript), dan seterusnya. 
  6. Nama dan alamat email korespondensi ditulis dibawah nama instansi dengan format tengah (Center), ukuran font 10 karakter,
  7. Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Format rata kiri kanan (Justify) dengan ukuran font 9 karakter. Memuat teknologi/seni/jasa/kebijakan yang akan diterapkan, tujuan pengabdian, metode, dan hasil pelaksanaan kegiatan. Maksimal 250 kata. Disertai dengan minimal 3 kata kunci.
  8. Naskah utama (Pendahuluan, Metode Pelaksanaan, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan Terima Kasih) ditulis dengan format rata kiri kanan (Justify) dengan ukuran font 11 karakter. Semua judul naskah utama ditulis tebal (Bold) terkecuali isi naskah. 
  9. Referensimenggunakan gaya American Political Association (APA Style) dari Manedeley (Lihat APA Style). Contoh dapat dilihat pada Template. Wajib ada. Dirujuk dari naskah artikel yang tercantum. 

                                                           

PENDAHULUAN

Prinsip utama pengabdian adalah memecahkan masalah. Pendahuluan memuat latar belakang dan urgensi sehingga kegiatan pengabdian penting untuk dilaksanakan, dengan memuat hal-hal sebagai berikut: 

  • Analisis situasi (Uraikan kondisi khalayak sasaran/mitra kegiatan, persoalan mendasar yang dihadapi mitra yang didukung oleh data yang lengkap dan diusahakan data bersifat kuantitatif),
  • Uraikan program kerja yang diabdikan untuk memecahkan persoalan yang dihadapi khalayak sasaran/mitra. Program pengabdian yang akan dilaksanakan dapat memecahkan masalah khalayak sasaran,
  • Uraikan kehandalan teknologi/jasa/kebijakan yang akan diabdikan ke khalayak sasaran dirujuk dari berbagai hasil penelitian yang bersumber dari jurnal ilmiah, laporan penelitian, laporan disertasi/tesis/skripsi, dan sumber ilmiah lainnya,
  • Tujuan dan manfaat kegiatan.  

METODE  PELAKSANAAN

Metode Pelaksanaan memuat hal-hal berikut:

  • Tempat dan waktu (uraikan lokasi kegiatan dan waktu pelaksanaan. Jika memungkinkan disertai peta atau gambar lokasi lainnya),
  • Khalayak sararan/mitra kegiatan (uraikan siapa dan bagaimana cara menentukannya),
  • Metode pengabdian masyarakat (contoh: Uraiakan Persiapan, penyuluhan, pelatihan, pendampingan, demonstrasi),
  • Indikator keberhasilan (uraiakan indikator yang akan dicapai dalam kegiatan pengabdian),
  • Metode evaluasi (uraikan teknik melakukan evaluasi untuk mengukur ketercapaian indikator keberhasilan)  

HASIL DAN PEMBAHASAN. 

Hasil dan pembahasan harus link dengan metode pelaksanaan terutama link dengan metode pengabdian (contoh: membahas hasil pelaksanaan dan keberhasilan pelatihan, membahas hasil pelaksanaan dan keberhasilan demonstrasi, dll). Harus dibahas pula apakah hasil evaluasi telah memenuhi indikator keberhasilan pengabdian. 

KESIMPULAN

Kesimpulan harus memuat kesimpulan dari kegiatan pengabdian sesuai dengan tujuan. Kesimpulan berupa kalimat singkat, padat, dan jelas. 

UCAPAN TERIMA KASIH

Ucapan terima kasih bisa kepada pemberi dana atau pihak-pihak yang membantu selama pengabdian dilaksanakan atau terlibat. 

DAFTAR PUSTAKA

Ardiansyah. 2006.  Lipid oxidation and novel dietary antioxidant In Zebrafish (Brachydanio rerio) Tissue.  Thesis of Biotechnology Studies. Flinders University. 

Badan Pusat Statistik Propinsi Sulawesi Selatan. 2010. Sulawesi Selatan dalam angka tahun 2009. Pemerintah Daerah Propinsi Sulawesi Selatan, Makassar.

Wahidah, Omar S. B. A., Trijuno D. D., Nugroho E., Amrullah, 2017 The morphological characteristics   of   South   Sulawesi’s   giant   freshwater   prawn  Macrobrachium rosenbergii. AACL Bioflux 10(4): 820-829.

Cheng P. C., Shih C. H., Chu T. J., Wang D., Lee Y. C., Tzeng T. D., 2015 Population structure and historical demography of the oriental river prawn (Macrobrachium nipponense) in Taiwan. PLoS ONE 10(12):1-16.

 

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.