EDUKASI PEMASARAN MELALUI E-COMMERCE PADA PELAKU USAHA PENGOLAHAN HASIL PERIKANAN TANGKAP DI DESA BUGBUG, KARANGASEM, BALI

  • Ria Tri Wardani Universitas Mataram
  • Nanda Diniarti Universitas Mataram
  • Fadillah Fadillah Universitas Mataram
  • Miftahul Fitri Universitas Mataram
  • Rizky Amrina Rossada Universitas Mataram
  • Arman Maolana Universitas Mataram
Keywords: E-commerce, Masyarakat pesisir, Hasil tangkTangkapan ikan, penjulan ikan

Abstract

Bali sebagai salah satu daerah tujuan wisata di Indonesia. Desa Bugbug, yang terletak di Kabupaten Karangasem, merupakan salah satu desa tua dan terbesar di kecamatan tersebut. Masyarakat Desa Bugbug berasal dari kalangan menengah ke bawah, dengan mata pencaharian utama sebagai nelayan. Masyarakat yang berada di wilayah pesisir ini memanfaatkan pantai pasih kelod sebagai tempat penangkapan ikan untuk mendapatkan nilai ekonomi dalam memenuhi kebutuhannya.  Ikan yang dihasilkan akan diperjualkan dengan secara langsung di Pantai pasih kelod. Jenis ikan yang dihasilkan dari hasil tangkapan nelayan di laut bali ini yakni jenis ikan Tongkol. Tongkol merupakan ikan yang memiliki gizi yang lengkap dan harganya terjangkau. Kelemahan ikan tongkol sebagaimana yang juga dimiliki oleh komoditi hewani lainnya adalah bahwa dengan kandungan gizi seperti protein dan air yang cukup tinggi, maka memiliki sifat yang mudah busuk setelah ditangkap dan mati.  Dengan hasil tangkapan nelayan yang banyak, harga ikan akan turun dan kualitas akan menurun apabila waktu penjualnya lama. Untuk mengoptimalisasikan permasalahan penjualan tersebut pengabdian ini dilakukan untuk mengenalkan cara penjualan hasil tangkap yang dihasilkan menggunakan e-commerce. Cara penjualan oleh kelompok kegiatan usaha yang ingin berjualan dengan cepat melalui online yang hanya memanfaatkan handphone dan teknologi internet sehingga bisa menjangkau konsumen dari luar maupun di dalam pulau bali. E-commerce merupakan teknologi yang menjadi kebutuhan mendasar setiap organisasi yang bergerak di bidang perdagangan. E-commerce merupakan cara bagi konsumen untuk dapat membeli barang yang diinginkan dengan memanfaatkan teknologi internet.

Published
2024-07-30
How to Cite
Wardani, R., Diniarti, N., Fadillah, F., Fitri, M., Amrina Rossada, R., & Maolana, A. (2024). EDUKASI PEMASARAN MELALUI E-COMMERCE PADA PELAKU USAHA PENGOLAHAN HASIL PERIKANAN TANGKAP DI DESA BUGBUG, KARANGASEM, BALI. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT KAUNIAH, 3(1), 41-50. https://doi.org/10.33096/jamka.v3i1.534