KOMPOSISI JENIS TANGKAPAN DAN SHORTENING ALAT TANGKAP JARING INSANG TIGA LAPIS (Trammel net) DI PERAIRAN PULAU SALEMO

  • Abdul Malik Maulana Universitas Muslim Indonesia`
  • Hasrun Hasrun Universitas Muslim Indonesia
  • Muhammad Jamal Universitas Muslim Indonesia
Keywords: : Jaring Insang Tiga Lapis, Shortening, Pulau Salemo, Ikan baronang Totol

Abstract

ABSTRAK

Kabupaten Pangkajene Kepulauan terletak dipesisir Pantai Barat Provinsi Sulawesi Selatan. Posisi gugusan astronomisnya antara 40-40’ Lintang Selatan sampai 80-00 Lintang Selatan dan 1100 Bujur Timur sampai 119048’67’’ Bujur Timur. dengan luas 1.112,29 Km2. Dengan batas Sebelah Utara Kabupaten Barru, Selatan Kabupaten Maros, Makassar, Timur Kabupaten Bone dan Kabupaten Maros, serta Barat Provinsi Kalimantan Timur, Jawa Timur, Madura, Nusa Tenggara Barat serta Bali/Selat Makassar (DPMPTSP SULSEL), Jaring tiga lapis (trammel net) adalah alat tangkap yang terbentuk dari 3 susunan jaring yang dirangkai secara memanjang seperti jaring insang secara umum. bahan bahan yang digunakan pada alat tangkap jaring tiga lapis adalah jaring luar dan dalam nya terbuat dari bahan monofilament, pemberat (sinker) dari timah, pelampung (float) dari karet, tali ris dari tali tambang dan pelampung tanda dari gabus.nilai shortening yang di hasil kan pada jaring tiga lapis di kepulauan salemo dari sebelum pemasangan float line (pelampung) dan sinker line(pemberat) adalah senilai 28.58%. Hasil tangkapan nilai proporsi terbesar ialah ikan Baronang totol (siganus guttatus) dengan jumlah hasil tangkapan sebesar 166 ekor dengan nilai proporsi 34%.Sedangkan hasil tangkapan terkecil ialah ikan bawal ptih (Pampus argenteus) dengan jumlah ikan hasil tangkapan 27 ekor dengan nilai proporsi sebesar 6%.

References

DPMPTSP SULSEL, Profil Kabupaten Pangkajene Kepulauan Pangkep, https://dpmptsp.sulselprov.go.id/publik-profil kabkota?id=14#:~:text= GEOGRAFI%20DAN%20IKLIM,'67''%20Bujur%20Timur.

Khaerudin A. 2006. Hasil Tangkapan Jaring Arad (Mini Trawl) yang Berbasis di Pesisir Utara, Kota Cirebon [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Mahiswara & Wudianto. 1991. Uji Coba Jaring Tiga Lapis Untuk Menangkap Udang Karang (Spiny Lobster, Panulirus Spp.). Jurnal Penelitian Perikanan Laut. No.59 Tahun 1991. Balai Penelitian Perikanan Laut. Jakarta. 83-91.

Rizal, A & Apriliani, I.M. 2019. Proporsi Hasil Tangkapan Trammel Net Pada Kedalaman Yang Berbeda Di Perairan Indramayu. ALBACORE. Volume 3, No 3. Hal 249-261.

Odum, E. P. 1971. Fundamentals of Ecology. Third Edit. Philadelphia: Wb. Saunder Company Ltd

Purbayanto, A., Monintja, D.R., Tsunoda, A., Akiyama, S., Arimoto, T. 2004. Selectivity, Survival and Stress of Japanese Whiting Sillago japonica After Simulated Capture by A Sweeping Trammel Net. American Fisheries Society Symposium, hal 561-572.

Published
2023-10-30