Analisis Aspek Teknis dan ekonomi Usaha Perikanan Pada Alat Tangkap Purse Seine Di PPI Paotere Makassar

  • Muzakkir Muzakkir Universitas Muslim Indonesia
  • Muhammad Jamal Universitas Muslim Indonesia
  • Mustamin Tajuddin Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Analisis Aspek Teknis Ekonomi Usaha Purse Seine

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi aspek teknis dan ekonomi usaha  jaring lingkar (purse seine) di PPI Paotere kota makassar, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei yaitu dengan cara peninjauan, pengamatan serta pengambilan data dan informasi secara langsung di lapangan dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok. Secara aspek eknis dan ekonomi dalm usaha modal investasi Purse Seine ukuran kapal 10 – 20 GT mencapai Rp   215.000.000,- sedangkan dalam usaha modal untuk kapal dengan ukuran 20 – 30 GT mencapai Rp 679.800.000,-. Adapun saran dari penelitian ini yaitu, perlu adanya penelitian lebih lanjut misalnya produktifitas alat tangkap Purse Seine, distribusi pendapatan usaha, serta tingkat kesejahteraan ABK.

References

Afriyanti, M. 2011. Analisis pengaruh current ratio, total asset turnover, debt to equity ratio, sales dan size terhadap return on asset (ROA). Skripsi fakultas ekonomi. Semarang: universitas Diponegoro

Dwiprabowo, H. 2008. Kajian Pasokan Kayu Perkakas di Propinsi Jawa Tengah dan DIY. Jurnal Penelitian Sosial dan Ekonomi Kehutanan, 5(3), 203-215.

Isnaini, dan Sobari, M.P. 2009. Analisis Teknik dan Finansial Unit Penangkapan Muroami di Perairan Kepulauan Seribu. Jurnal Perikanan Tangkap IPB XVIII (2).

Munawir, S. 2007. Analisa Laporan Keuangan Edisi Keempat. Yogyakarta: Liberty. Yogyakarta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumardi, Z., M, A. Sarong dan M, Nasir. 2014. Alat Penangkapan Ikan Yang Ramah Lingkungan Berbasis Code of Conduct For Responsible Fisheries di Kota Banda Aceh. Agrisep. Universitas Syiah Kuala Banda Aceh Vol 15 (2).

Published
2023-06-30