PENGARUH KEBERADAAN PANGKALAN PENDARATAN IKAN DI LAPPA TERRHADAP ASPEK EKONOMI MASYARAKAT DI KABUPATEN SINJAI

  • Zulkifli Zulkifli Universitas Muslim Indonesia
  • Kasmawati Kasmawati Universitas Muslim Indonesia
  • Ihsan Ihsan Universitas Muslim Indonesia
Keywords: PENGARUH KEBERADAAN PANGKALAN PENDARATAN IKAN

Abstract

Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) adalah fasilitas yang didirikan di pesisir atau pelabuhan untuk keperluan pendaratan, pengelolaan, pengolahan, dan distribusi hasil tangkapan ikan. PPI bertujuan untuk memfasilitasi proses pengelolaan dan pengolahan ikan yang lebih efisien serta memudahkan distribusi hasil tangkapan ikan dari nelayan ke pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kondisi sosial dan ekonomi masyarakat dalam memanfaatkan pangkalan pendaratan ikan di Kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai. Selain itu, penelitian ini juga ingin mengetahui dampak ekonomi keberadaan pangkalan pendaratan ikan terhadap masyarakat khususnya di Kelurahan Lappa. Penelitian dilakukan pada bulan September - Oktober 2022 di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Kelurahan Lappa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode mixed methods atau gabungan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif. Variabel yang diteliti meliputi mata pencaharian (X1), pendapatan (X2), dan kondisi ekonomi (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 92 responden, sebanyak 37 orang (40,21%) mengatakan bahwa mata pencahariannya berubah setelah adanya PPI, sedangkan 55 orang (59,79%) menjawab bahwa tidak ada perubahan. Dalam pengukuran tingkat kontingensi keberadaan PPI Lappa terhadap perubahan mata pencaharian masyarakat ditemukan pengaruh sebesar 0,484 (Pengaruh Sedang) terhadap kondisi ekonomi masyarakat di Kelurahan Lappa. Selanjutnya, dari 92 responden yang disurvei, sebanyak 60 orang (65,21%) menyatakan bahwa pendapatannya meningkat setelah adanya PPI Lappa. Sementara itu, 32 orang (34,79%) mengatakan bahwa pendapatannya tidak meningkat. Hasil pengukuran tingkat kontingensi menunjukkan bahwa keberadaan PPI Lappa memiliki pengaruh sebesar 0,69 (Pengaruh Kuat) terhadap kondisi ekonomi masyarakat di Kelurahan Lappa

References

Ahmad, M. A. 2022. Pengaruh Keberadaan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Beba Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Nelayan Di Desa Tamasaju Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar. Universitas Bosowa Makassar.

Ashlihah, D. 2020. Pengaruh Keberadaan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Boddia Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Nelayan di Desa Boddia Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar. UIN Alauddin Makassar.

Endriyani, C. 2017. Pengaruh Pendapatan Nelayan Terhadap Kesejahteraan Ekonomi Keluarga Di Desa Sungai Nyamuk Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. 2020. Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sugiyono. 2018. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). Bandung: CV Alfabeta.

Syam, A. F. 2022. Peralihan Mata Pencaharian Nelayan Paotere ke Pedagang di Kelurahan Gusung Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar. UIN Alauddin Makassar.

Published
2023-06-30