Perbandingan Perspektif Antara Mahasiswa Teknik Kelautan dan Masyarakat Terhadap Dampak Pembangunan Infrastruktur Offshore dan Onshore

  • Dina Apriyani Nanarakim ITB
Keywords: infrastruktur; pantai; lepas pantai; dampak; perspektif

Abstract

Pembangunan infrastruktur offshore dan onshore semakin marak di Indonesia dengan meningkatnya kebutuhan energi serta pengembangan dalam wilayah pesisir pantai. Namun, dampak dari infrastruktur ini terhadap lingkungan dan juga masyarakat masih sering dipertanyakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perspektif masyarakat mengenai dampak adanya infrastruktur offshore dan onshore terhadap lingkungan dan juga masyarakat serta mengetahui cara untuk meminimalisasi munculnya perspektif negatif terhadap pembangunan infrastruktur pantai dan lepas pantai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei kuesioner yang disebar di wilayah ITB dengan fokus utamanya yaitu perbandingan pendapat mahasiswa teknik kelautan dan masyarakat lainnya di ITB. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa masih terdapat masyarakat yang belum paham mengenai dampak yang sebenarnya harus diketahui masyarakat serta dibutuhkannya sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. Hasil penelitian ini dapat mengidentifikasi perbedaan perspektif dan memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai dampak pembangunan infrastruktur offshore dan onshore.

References

Amiuza, B. dan Ernawati, J. 2014. Karakter Kota dalam Persepsi Masyarakat (Studi Kasus Kota Pantai Probolinggo). Journal of Environmental Engineering & Sustainable Technology, 1(1).

Annisa, S. dan Hermon, D. 2024. Persepsi Masyarakat Mengenai Bangunan Jetty Sebagai Bangunan Pengaman Pantai di Pantai Purus Kota Padang. Jurnal Hukum Islam dan Humaniora, 3(1): 350-352. Universitas Negeri Padang.

Ayu, D., Nyoman, N., dan Bagus, I. Persepsi Masyarakat Terhadap Bangunan Pelindung Pantai di Pantai Sanur. Bali. Universitas Udayana.

Berutu, A., Oktaini, R., Sugengni, S. dan Panorama, M. 2022. Analisis Pembangunan Infrastruktur Terhadap Pembangunan Ekonomi Masyarakat Pesisir Sumatera Utara. Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Diri, 2(1): 152-154. Palembang. UIN Raden Fatah Palembang.

Dewi, I. 2019. Penolakan Masyarakat Terhadap Reklamasi Teluk Benoa Provinsi Bali. Diponegoro Private Law Review, 4(1): 396.

Ferdian, K., Idrus, I. dan Tondo, S. 2019. Dampak Ekowisata Bahari dalam Perspektif Kesejahteraan Masyarakat dan Kelestarian Lingkungan Pesisir. Journal of Indonesian Public Administration and Governance Studies, 3(1): 490-491. Universitas Halmahera.

Habibi, A. 2012. Trade Off Kerusakan Sumber Daya Alam dan Pembangunn Ekonomi. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 4(1): 5-6.

Hu, Shelia. 2024. Offshore Drilling 101. NRDC [internet]. Tersedia pada: https://www.nrdc.org/stories/offshore-drilling-101

Joseph, Ch. Dan Karelau. C. 2023. Analisa Perubahan Garis Pantai dan Alternatif Penanganannya di Pantai Batu Kora Kabupaten Kepulauan Aru. Jurnal Manumata, 9(1): 4.

Kamurahan., S. Waani, J. dan Rogi, O. 2014. Studi Persepsi Masyarakat Terhadap Estetika Desain Fasade Bangunan dengan Pendekatan Teori Subyektif. Media Matrasain, 11(2). Universitas Sam Ratulangi.

Nuraini, S., Prihatiningsih, Wahyuningsih, dan Wedjatmiko. 2011. Status Perikanan dan Kondisi Habitat Perairan Teluk Jakarta. Balai Penelitian Laut.

Penulis. 2016. Jenis Offshore Platform Berdasarkan Konstruksinya. PT. Proxsis Manajemen Internasional. Artikel Oil and Gas [internet]. Tersedia pada: https://surabaya.proxsisgroup.com/jenis-offshoreplatform-berdasarkan-konstruksinya/

Puspasari, R. dan Hartati. S. 2017. Analisis Dampak Reklamasi Terhadap Lingkungan dan Perikanan di Teluk Jakarta. Jurnal Kebijkan Perikanan Indonesia, 9(2): 92.

Putri, A. dan Mursalat. A. 2023. Persepsi Masyarakat Terhadap Pembangunan Infrastruktur Penataan Kawasan Pesisir Pantai Cempae. Jurnal Ilmiah Wahana Laut Lestari 1(1): 16-20.

Ramaniya, A. 2017. Dampak Reklamasi Terhadap Kualitas Air dan Sosial Ekonomi Masyarakat Nelayan di Sekitar Kawasan Reklamasi Teluk Jakarta. Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.

Bull, A. S., dan Love, M. S. 2019. Worldwide oil and gas platform decommissioning: A review of practices and reefing options. 168: 274–306. Ocean & Coastal Management.

Sadeghi, K. dan Al-Othman, D. 2019. An Introduction to Onshore Structures Construction. Academic Research International, 10(1): 1-7. Turkey. Near East University.

Samudra, A., Jasin, M. dan Halim, F. 2018. Analisis Kapasitas Sungai Makalu Kabupaten Minahasa Tenggara Terhadap Debit Banjir Kala Ulang Tertentu. Jurnal Sipil Statistik, 6(4): 212. Manado. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Triatmodjo, B. 1999. Teknik Pantai. Yogyakarta: Beta Offset.

Wayal, N. dan Bhalge, P. 2019. A Review Study of Offshore Structure. Journal of Offshore and Structure Technology, 6(3).

Zahrah, P. dan Herianingrum. S. 2020. Analisis Dampak Lingkungan dan Perubahan Sosial Ekonomi Masyarakat yang Ditimbulkan oleh Reklamasi Pantai Ditinjau dari Perspektif Islam (Studi Kasus Pantai Kenjeran Surabaya). Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 7(4): 629-630.

Dahuri, Rokhmin. Pengelolaan Sumber Daya Wilayah Pesisir dan Laut Secara Terpadu, Jakarta: Penerbit Pradnya Paramita.

Sayer, M. D. J., & Baine, M. S. P. 2002. Rigs to Reefs: A Critical Evaluation of the Potential for Reef Development Using Decommissioned Rigs. 25(2): 93-98. Underwater Technology

Published
2024-08-20