Identifikasi Sampah Laut Di Pesisir Pulau Kodingareng Lompo Kecamatan Sangkarrang Kota Makassar

  • Adriani Adriani Universitas Muslim Indonesia
  • Syahrul Djafar Universitas Muslim Indonesia
  • Muhammad Yunus Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Sampah Laut, Penanganan Sampah Laut, Pulau – Pulau Kecil, Perintah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa banyak jenis sampah laut yang ada dikawasan pulau Kodingareng Lompo serta bagaimana cara penanganan sampah laut yang ada di Kawasan Pesisir Pulau Kodingareng Lompo. Pulau Kodingareng Lompo adalah salah satu pulau yang berada di gugusan Kepulauan Spermonde dan secara administrasi masuk pada wilayah Kelurahan Kodingareng, Pulau ini di ini adalah pulau berpenghuni yang berjarak 15 km dari pulau utama kota Makassar. Dalam pengumpulan sumber data, peneliti melakukan pengumpulan sumber data dalam wujud data primer dan data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian Jenis sampah laut yang pada umunya ditemukan pada lokasi penelitian berupa sampah plastik keras 490%, plastik lunak 807%, kertas/kardus 83%, karet 92%, logam 4%, tali plastik 124%, kaca 52% dan lainnya 17%. Dipulau Kodingareng Lompo tidak memiliki TPA maupun Bank Sampah. Saran berisi kekurangan dari hasil penelitian yang tidak terpiliputi oleh metode penelitian, atau dapat juga berisi kelemahan pesan dan kesan penelitian, untuk di lakukan penelitian kembali dan diharpakan untuk peneliti selanjutnya dapat mengkaji lebih dalam tentang jenis sampah laut.

References

CSIRO (Ocean and Atmosphere Flaship). 2014. Marine Debris sources, distribution and fate of plastic and other refuse – and its impact on ocean and coastal wildlife. www.csiro.au/marine-debris. Diakses pada pukul 20.00 Wita, tanggal 14 Februari 2019.

Dahuri, H. R., Rais, J., Ginting S. P., dan Sitepu, M. J. 2002. Pengelolaan Sumberdaya Wilayah Pesisir Dan Lautan Secara Terpadu. Bogor: Pradnya Paramita: Jakarta.

Dewi, I. S., Aditya, A., Ramadhan, I., Kelautan, T., Manajemen, J., Perairan, S., & Perikanan, F. (2015). Distribusi mikroplastik pada sedimen di Muara Badak , Kabupaten Kutai Kartanegara. 4(3), 121–131.

Greenpeace, 2006. Eating Up Amazon. Greenpeace Publications., 2006b. We’re Trashin’ It; How McDonald’s is Eating Up Amazon. [daring]. di akses pada tanggal 25 Mei 2019. http://www.Greenpeaceorg/internatio nal/Global/international/planet2report/2006/4/amazon-soya-crimefile. pdf.

LKHK. (2018) Cerita Dari Bangkai Paus Wakatobi. Retrieved 08 Oktober 2022 from http://perpustakaan.menlhk.go.id/pustaka/home/index.phppage=detail_news&newsid=675.

Manik KHTR, Indraja M, Amanda S. 2016. Sistem Pengelolaan Sampah di Pulau Bunaken. Spasial: Perencanaan Wilayah dan Kota. 3(1):15-24.

Opfer S., Arthur C., and Lippiat, S. 2012. Marine Debris Shoreline Survey Field Guide. NOAA.

Siahainenia. 2001. Pencemaran Laut, Dampak dan Penangulangannya. Makalah Falsafah Sains Program Pasca Sarjana. IPB Bogor.

Published
2023-08-23