Pengaruh Angin Monson Terhadap Kelayakan Laut Di Teluk Bone Provinsi Sulawesi Selatan

  • Lili Gusalim UMI
  • Asbar Asbar Universitas Muslim Indonesia
  • Danial Danial Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Keywords: Monsoon Wind, Bone Bay, South Sulawesi

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Stasiun Maritim Paotere pada Makassar pada bulan Oktober – Desember 2023. Analisis data yang dilakukan yaitu Ketinggian rata-rata Gelombang (SWH), Ketinggian Maksimum Gelombang (MWH), dan kecepatan angin (WS) dengan data Wavewatch-III kemudian diolah menggunakan aplikasi GraDs. Pengaruh angin Munson Timur dan angin Munson Barat terhadap karaketristik gelombang di Teluk Bone Sulawesi Selatan pada saat bulan bulan Maret 2022 - Februari 2023 nelayan harus waspada terhadap adanya potensi gelombang tinggi 2 meter waspada terhadap adanya kecepatan angin 6 – 15 knots dalam Skala Beaufort nomor 2 sampai nomr 4n sedang dan potensi gelombang tinggi 0,5 - 2 meter dengan waktu yang panjang pada bulan Januari, Februari, Juni, Juli Agustus dan Desember. Hubungan tingkat resiko dan keselamatan berlayar berdasarkan karakteristik gelombang pada angin Munson Timur dan angin Munson Barat di Teluk Bone Sulawesi Selatan bulan Maret 2022 - Februari 2023 dengan Standar kesesuaian antara Tinggi Gelombang dengan ukuran Tonase Kapal menunjukkan bahwa wilayah teluk Bone bagian Utara dapat di simpulkan bahwa Sepanjang Tahun aman digunakan untuk kapal <5 GT, untuk Teluk Bone Bagian Tengah aman untuk kapal diatas 5 - 10 GT. Sedangkau untuk Teluk Bone Bagian aman di gunakan untuk kapal 10 – 20 GT. Merupakan ringkasan penelitian berupa bahasa indonesia dan memuat tidak lebih 250 kata dan kata kunci 4-5 kata. Menggunakan Font times new roman ukuran 10.

References

Makmur E. 2008. Panduan Menggunakan Grads Untuk Pemula. Pusat Klimatologi dan Kualitas Udara BMKG: Jakarta.

NOAA/NWS/NCEP/MMAB, 2018, Development Group (WW3DG)(2016) User manual and system documentation of WAVEWATCH IIIR© version 5.16. Tech. Note 329. , College Park.

Pribadi B, Adi M. 2015. Simulasi Tinggi Gelombang Signifikan Dengan Menggunakan Model Wavewatch-Iii (Studi Kasus Kejadian Tanggal 15-16 Juni 2014 di Perairan Selat Bali). Jurnal Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika.

Sugiarto. 2001.Teknik Sampling.PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Wikipedia, Skala Beaufort. https://id.wikipedia.org/wiki/Skala_Beaufort (diakses pada tanggal 25 Januari 2016).

Wirjohamidjojo, S. dan Sugarin. 2008. Praktek Meteorologi Kelautan. Badan Meteorologi dan Geofisika. Jakarta.

WMO (World Meteorological Organization), 1998. Guide to Wave Forecasting and Analysis. WMO-No.702, Geneva- Switzerland: Secretariat of WMO.

Published
2023-08-23